Kiat Sedehana Memilih Kampus

Minggu, 15 Februari 2009 13:58:20 - oleh : admin

Berawal dari temen Q yang lagi kebingungan, pengen kuliah tapi bingung mau masuk kemana?? nah di sini Q akan coba kasih sedikit masukan, tapi ini bukan berdasarkan gimana2 lho, ini adalah pandangan pribadi dari Q karna Q bukan pakar pendidikan, Q juga bukan orang yang pantas dijadikan sebagai rujukan buat masalah ini..


Yang pertama dipikirin tempat kul mana yang pantas buat Qta adalah Qta harus tau dulu minat dan bakat Qta dimana,, tapi ini lah yang paling sulit di temukan ma anak sma/smk yang pingin masuk PT(perguruan Tinggi), Seperti halnya yang Q rasain dulu waktu pengen kuliah, Q bingung karna Q ga tau sebenernya bakat Q dimana, setelah Q tanya kesana-kemari akhirnya Q milih untuk masuk dunia komputer dan sekarang Q dah mulai nyaman berada di dalamnya..


OK! mana donk tipsnya?? sebelum masuk tips Qta harus tau dulu faktor2 yang mempengaruhi minatn bakat serta tujuan Qta buat kuliah. Nah inlah faktornya :



  1. Hobi atau kesukaan
    sekarang pikir2 deh hobinya apaan, dan kira2 bisa ga ya klo hobi ini dikembangin lewat pendidikan. misalnya, kalian hobi atau seneng banget ma jeprat-jepret foto kenapa ga ngambil jurusan photografi atau yang sejenisnya..

  2. Orang Tua
    Nah, faktor inilah yang kadang memuluskan dan memudahkan buat milih jurusan dan kampus, tapi tidak sedikit juga yang menemui pertempuran sengit bahkan jalan buntu karena berbeda tujuan..
    solusinya : Omongin baik2 dengan orang tua, samakan pandangannya Qta juga tidak boleh egois dan harus mempertimbangkan usulan orang tua Qta, karena merekalah yang palig mengerti siapa Qta. Dalam obrolan ini juga Qta jangan sungkan2 mengutarakan pendapat Qta, jangan sampai Qta menyessal setelah Qta melangkah.

  3. Kerjaan
    Tidak bisa di pungkiri salah satu tujuan Qta kuliah adalah buat cari duit, dan duit datang dari project atau kerjaan, masalahnya hobi atau kesukaan Qta belum tentu sejalan dengan dunia industri atau dunia usaha makanya cukup banyak juga orang yang merelakan perasaanya(lebay ga sih) mengambil jurusan yang tidak dia sukai demi kemilau yang dijanjikan suatu bidang.


Qira2 itulah faktor2 yang dapat mempengaruhi Qta untuk memilih suatu jurusan menurut Qie(klo ga setuju ya nda pa2:).
Setelah Mengetahui faktor2 pertimbangan diatas, sekarang tibalah saatnya memikirkan kampus mana ya yang cocok buat Qta (dalam hal ini kampus lokal), berikut sedikit tips memilih kampus :



  1. Baca Iklan dengan Teliti
    Dalam rangka menarik cama/cami(calon mahasiswa/i) biasanya kampus2 rajin mengeluarkan iklan di media2, brosur2, spanduk, bahkan langsung masuk ke SMA dan SMK yang berada di sekelilingnya untuk menyampaikan program2 unggulannya..
    Nah Qta yang menjadi target mereka jangan langsung percaya gitu aja, Qta harus tetap berfikir realistis dan elektif apalagi klo janjinya muluk2..

  2. Tanya Orang (Cari Info yang lain)
    Setelah tau iklannya, tips kedua adalah tanya orang di sekitar Qta baik itu saudara atau siapa saja yang mempunyai pengetahuan tentang kampus tersebut. jika tidak ada berarti DL (Derita Lo..)

  3. Image kampus dan mahasiswa
    Setelah Qta bertahun2 hidup di dunia ini(GUbrakx..) apakah Qta pernah mendengar sepak terjang kampus tersebut atau bahkan belum pernah mendengar sama sekali(kurang Gaul donk), jika bagus berarti boleh dipertimbangkan. Perhatikan juga lulusannya (nannya ke orang [kalo gada lagi, berarti"DL"])

  4. Survey (bener Ga ya Tulisannya#?#)
    Tips Berikutnya adalah, ajak temen genk seperjuangan kamu(cie elah pake kamu), sebangsa dan setanah air, Klo bisa masih pake seragam SMA/SMK(jangan tanya kenapa). Trus tanya deh sedetail2nya, sampai ke bayaran per bulanya($$$) ga bakal di marahin ko'.. kalo tertarik kamu harus survey untuk kedua kalinya tapi yang kedua ini ga sama temen genk kamu tapi sama OrTu, saudara atau keluarga yang sekiranya dapat membantu kamu lebih buat tanya2 yang menjurus kepada kompetensi,, Klo cocok daftar saat itu juga..

  5. Biaya
    Yang Ini relatif, jadi pikir aja ndiri.. Meski kualitas kampus itu bagus gedung mengkilat(emang ada?) tapi Qta ga makan, lebih baik jangan diambil, dan ambillah prinsip ini "Mutiara akan tetap menjadi Mutiara meski di simpan di kotak yang lusuh"(maksa Ga seh?)

  6. Orang Tua
    Sebagai anak yang berbakti Qta harus selalu komunikasi dengan beliau-beliau, apalah artinya Qta sukses menjadi sarjana terpintar sedunia jika orang Tua Tak tersenyum Untuk Qta..


Q Qra cukup segitu dulu deh jangan banyak2 ntar pusing lagi nge bacanya..



Percayalah ini adalah sekenario besar-Nya untuk Qta, dimanapun Qta menuntut ilmu yang terpenting Qta harus senantiasa menjadi diri yang apa adanya sehingga tidak ada satu apapun yang berubah dari diri Qta kecuali bertambah mantapnya kualitas hati Qta untuk dapat bermanfaat



--Semoga Bermanfaat--

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Lain-lain" Lainnya