Akhirnya Upgrade Mavericks

Kamis, 1 Mei 2014 19:10:20 - oleh : admin

Halo kak! lagi pengen update blog aja tentang pengalaman upgrade OS kemaren. Iya, setelah sekian lama akhirnya saya memberanikan diri untuk upgrade OS dari Mac OS Snow Leopard (10.6.8) langsung loncat ke OS X Mavericks (10.9.2). Sebenarnya sudah sangat nyaman menggunakan snow leopard dan (awalnya) gak ada niat buat upgrade karena spesifikasinya pas-pasan dan snow leopard juga masih ada update berkala. Bahkan ketika muncul OS X lion dan mountain lion pun tidak begitu tertarik untuk melakukan upgrade. Namun setelah negeri api menyerang semuanya berubah! Iman yang kokoh pun kemudian goyah #halah. Satu lagi sebenernya yang bikin males, ukuran file yang harus di download adalah 5.30 GB dan hanya menggunakan modem CDMA, membayangkan ketika download gagal ditengah jalan sudah menyakitkan apalagi kejadian :(


Baiklah, kemudian setelah memeriksa spesifikasi minimal dan tentu saja backup data, proses upgrade pun dimulai.



Beberapa jam kemudian:


mavericks2


Setelah hampir 12 jam..


mavericks3


Kemudian harapan itu datang, download berhasil dengan cukup manis, walaupun tak semanis coklat beng-beng.


maveriks


Ya terus di instal lah, lalu kemudian ngehang tapi di installernya saja, sedangkan laptop nya tidak. agak panik dikit, eh banyak ding terutama setelah ngabisin kuota internet sebulan.


mavericks


Ditunggu namun tetap tak bergeming, akhirnya pasrah sambil gugling lalu nemu solusinya, ada yang cerita kejadian serupa, nah inilah gunanya berbagi. Mau tau solusinya? solusinya adalah: Restart -_-


force quit installernya (tekan tombol command+alt+esc) kemudian restart. oiya, file installer hasil download tadi ada di folder Applications.


Proses instalasi membutuhkan waktu kira-kira 40 menit.


Mari eksplorasi!
Banyak fitur baru (dan aplikasi bawaan baru) di OS X terbaru yang gratis ini, apalagi kalo loncat dari 10.6.8. selengkapnya baca sendiri aja gih disini https://www.apple.com/osx/whats-new/. Hampir semua aplikasi bawaan bisa diintegarikasn dengan iCloud juga nyambung ke notifikasi. *Bahas aplikasinya ntar ajalah kapan-kapan :|.

Yang pertama saya tengok adalah gesture pada trackpad, ternyata gestur di mavericks berubah total, dan sejujurnya saya kehilangan sentuhan 3 jari di geser keatas kalo lagi browsing buat langsung kembali ke halaman atas. sekarang defaultnya kalo 3 jari di geser keatas, buat Mission Control.



Untuk melihat gestur trackpad yg lainnya ada di menu system preferences > trackpad > more gesture, ada yang bisa di cutomize juga.


mavericks


Uhmm Apa lagi ya, Oh setelah kita update aplikasi di icon aplikasinya ada bintang-bintangnya.


apps


Terus udah gitu aja, kan judulnya juga cuma upgrade. :D


Oo masih ada lagi, banyak aplikasi lama yang harus diupgrade juga. misal aplikasi yang make powerPC apps.


maverick


padahal Ilustratror saya bukan bajakan :’( #sekaliancurhat


Termasuk juga aplikasi yang menggunakan X11 apps seperti inkscape juga tidak bisa dijalankan, solusinya install http://xquartz.macosforge.org/landing/, nanti pas jalanin inkscape trus minta x11 arahin aja ke  /Applications/Utilities/XQuartz.app

Untuk yang menggunakan AMPPS setelah upgrade mavericks juga ikut-ikutan mogok, tidak bisa menjalankan apache. solusinya gugling lagi :D nanti disuruh buka terminal dan ngetik ini:



mv -f /Applications/AMPPS/Ampps.app/Contents/Frameworks/Security.framework /Applications/AMPPS/Ampps.app/Contents/Frameworks/_Security.framework.

ln -s /System/Library/Frameworks/Security.framework/Applications/AMPPS/Ampps.app/Contents/Frameworks/Security.framework



mavericks


Setelah itu jalanin lagi Apache-nya. Segini dulu, tulisan ini dibuat menjelang magrib 1 Mei 2014 bertepatan dengan 1 Rajab 1435H juga bertepatan dengan hari (libur) buruh nasional. Selamat Hari Buruh! buat kawan-kawan buruh seluruh Indonesia.


- semoga bermanfaat -


 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Komputer Dan Internet" Lainnya